Belajar PHP‎ > ‎Tips PHP‎ > ‎

Koneksi MS SQL Server dari PHP 5

posted Dec 3, 2011, 4:06 AM by Editor KursusInternet   [ updated Dec 3, 2011, 6:55 AM ]

Pendahuluan

Microsoft SQL Server adalah salah satu database enterprise yang banyak digunakan oleh perusahaan / korporasi di Indonesia maupun dunia.

Dengan popularitas SQL Server dan PHP (terutama PHP 5) yang semakin hari semakin naik, maka solusi menggunakan penggabungan kedua produk tersebut semakin sering menjadi tuntutan dari berbagai perusahaan.

Artikel berikut akan memberikan tuntunan dari instalasi driver SQL Server yang di-download secara terpisah, konfigurasi pada PHP, dan contoh penggunaan.

Instalasi dan Konfigurasi SQL Server Driver for PHP

  • Kunjungi website : http://msdn.microsoft.com/en-us/sqlserver/ff657782.aspx.
  • Klik icon "Get It".


  • Klik link "Download" pada pilihan SQLSVR20.EXE (versi pada saat penulisan artikel ini dibuat).


  • Simpan dan jalankan file tersebut ketika telah selesai dilakukan download.
  • Klik tombol "Yes" untuk dialog awal yang muncul.


  • Pilih lokasi extension folder PHP Anda pada dialog berikutnya dan klik tombol "OK".


  • Tunggu beberapa saat sampai muncul dialog terakhir seperti terlihat pada gambar di bawah ini (klik untuk memperbesar gambar). Klik tombol "OK".


  • Edit file php.ini Anda dengan menambahkan baris berikut untuk mengaktifkan penggunaan driver extension ini.

    extension=php_sqlsrv_53_ts_vc9.dll
  • Restart server Anda.
  • Jalankan fungsi phpinfo() dan pastikan support untuk modul sqlsrv telah aktif.


  • Selesai.

Contoh Penggunaan

Untuk contoh database kita gunakan "phi_minimart" yang dapat Anda download dari website http://code.google.com/p/contoh-database/,. Table yang akan digunakan dari database tersebut adalah table "ms_cabang" dengan isi terlihat seperti pada gambar di bawah ini.


Berikut adalah contoh penggunaan script php untuk melakukan query ke table tersebut dan menampilkan hasilnya dalam bentuk table.

koneksisql.php

<html> <head><title>Contoh Koneksi SQL Server</title></head> <body> <?php $connectionInfo = array( "Database"=>"phi_minimart"); $conn = sqlsrv_connect( "localhost", $connectionInfo); if( $conn === false ) {     echo "Tidak bisa melakukan koneksi.\n";     die( print_r( sqlsrv_errors(), true)); } $query = "SELECT * FROM ms_cabang "; $stmt = sqlsrv_query($conn, $query); if( $stmt === false ) {     echo "Error in statement execution.\n";     die( print_r( sqlsrv_errors(), true)); } echo "<table border='1'>"; echo "<tr><th>Kode Cabang</th><th>Nama Cabang</th></tr>"; while( $row = sqlsrv_fetch_array( $stmt, SQLSRV_FETCH_ASSOC)) {     echo "<tr><td>$row[kode_cabang]</td><td>$row[nama_cabang]</td></tr>"; } echo "</table>"; sqlsrv_free_stmt( $stmt); sqlsrv_close( $conn); ?> </body> </html>

Hasil Eksekusi


Ada Pertanyaan ?

Jika Anda kurang jelas mengenai artikel ini, Anda dapat bertanya atau mengikuti diskusi kami di milis kursus-internet. Untuk bergabung dengan milis tersebut cukup kirimkan email kosong ke kursus-internet+subscribe@googlegroups.com dan balas email konfirmasinya.

Sumber Referensi

Comments