Belajar PHP‎ > ‎Tips PHP‎ > ‎

Penggunaan "array_pad" untuk Mengisi Array yang "Bolong"

posted Dec 3, 2011, 2:38 AM by Editor KursusInternet   [ updated Dec 3, 2011, 3:27 AM ]

Pendahuluan

Sering sekali pada saat penggunaan array terutama array 2 dimensi yang membentuk matrix "bolong-bolong", dalam arti bahwa dimensi array yang kita tentukan yang harusnya terisi semua ternyata tidak demikian.

Sebagai contoh misalkan kita memiliki array dua dimensi 2 x 3, pada dimensi pertama index pertama array mungkin terisi penuh dengan 3 item. Tetapi pada dimensi pertama index kedua ada kemungkinan hanya terisi 2 item.

Dengan kondisi demikian, apabila data php kita integrasikan misalkan dengan library chart yang  "strict" pada kelengkapan data maka akan menimbulkan masalah.

Untuk lebih jelasnya berikut adalah contoh penggunaan dan screenshot hasil eksekusi.

Contoh Penggunaan array_pad

contoh_array_pad.php

<html> <head>     <title>Contoh Penggunaan Array</title> </head> <body> <pre> <?php     $arr_matrix = array( array("angka 1", "angka 2", "angka 3"), array(1, 2, 3), array (10, 20), array(100));     echo "<h1>Sebelum</h1>";     print_r($arr_matrix);     echo "<h1>Sesudah</h1>";     foreach($arr_matrix as $key=>$val)     {         $arr_matrix[$key] = array_pad($val, 3, 0);     }     print_r($arr_matrix); ?> </pre> </body> </html>

Hasil Eksekusi


Sumber Referensi

Comments