05. Comment atau Remark

posted Oct 23, 2011, 8:33 AM by Editor KursusInternet   [ updated Dec 31, 2011, 8:06 AM ]

Pendahuluan

Ketika script file PHP kita bertambah besar dan kompleks, tentunya kita membutuhkan catatan yang dapat dilihat langsung pada source codenya. Catatan ini tidak perlu dieksekusi oleh PHP Engine, tapi memang lebih sebagai komentar / comment ataupun remark yang akan memperjelas fungsi dari tiap code yang ada pada file kita.

Untuk mengakomodir kebutuhan tersebut, PHP memiliki dua jenis penanda comment / remark yaitu :
  • line comment : yaitu comment / remark yang hanya efektif per satu baris. Line comment diawali dengan dua tanda garis miring  ( // ) dan tidak memiliki penutup.
  • block comment : yaitu catatan / remark yang efektif per satu blok. Block comment diawali dengan tanda garis miring bintang ( /*) dan kemudian ditutup dengan tanda bintang garis miring (*/). Tiap karakter diantara dua tanda tersebut adalah merupakan remark yang tidak dieksekusi sebagai comment oleh PHP.

Contoh Penggunaan

Berikut adalah file "variable.php" yang berasal dari artikel sebelumnya, hanya dilengkapi dengan tambahan line maupun block comment pada source codenya. Comment yang ada pada file tersebut tidak akan mempengaruhi hasil eksekusi.

variable.php

<?php /*     File : variable.php     Menunjukkan contoh penggunaan berbagai kombinasi variable dan operator */     $angka1 = 50;     $angka2 = 20;     $nama_depan = "Kursus";     $nama_belakang = "Internet";     echo -$angka1; //Operator unary -     echo "<BR />";     echo $angka1 + $angka2; //Operator binary + (addition)     echo "<BR />";     echo $angka1 . $angka2; //Operator binary . (concat)     echo "<BR />";     echo $nama_depan . " " . $nama_belakang; //Operator binary .     echo "<BR />";     echo $nama_depan + " " + $nama_belakang; //Operator binary + ?>

Comments