06. Penggunaan Konstruksi <?= .... ?>

posted Oct 23, 2011, 10:14 AM by Editor KursusInternet   [ updated Dec 31, 2011, 8:09 AM ]

Pendahuluan

Pada contoh-contoh dari tutorial ini sebelumnya, kita menggunakan echo untuk menampilkan nilai literal maupun nilai dari variable pada halaman web kita. 

Karena script PHP merupakan kombinasi dari HTML dan perintah PHP maka terkadang untuk mencetak banyak nilai dengan kombinasi antara mereka menjadi sangat repot. Setiap peralihan dari tag HTML ke PHP kita harus menuliskan tag pembuka dan penutup PHP yang kemudian diikuti perintah echo.

Cara yang lebih singkat untuk itu adalah menggunakan konstruksi <?= ... ?>. Konstruksi tersebut akan melakukan hal yang sama dengan echo, yaitu mencetak nilai literal maupun variable yang ada di dalamnya.

Baiklah, tanpa berpanjang lebar mari kita lihat contohnya berikut ini.

Contoh Penggunaan Konstruksi <?= ... ?>

short_echo.php

<html> <head> <title>Short Echo</title> </head> <body> <?php     $angka1 = 50;     $angka2 = 20; ?> <table border="1" width="300">     <tr>         <td>Operasi</td>         <td>Hasil</td>     </tr>     <tr>         <td><?=$angka1?> + <?=$angka2?></td>         <td><?=$angka1 + $angka2?></td>     </tr>     <tr>         <td><?=$angka1?> - <?=$angka2?></td>         <td><?=$angka1 - $angka2?></td>     </tr>     <tr>         <td><?=$angka1?> * <?=$angka2?></td>         <td><?=$angka1 * $angka2?></td>     </tr> </table> </body> </html>

Dan hasil eksekusi dari file tersebut tampak seperti pada gambar berikut di bawah ini.


Comments