Java Programming

Java adalah salah satu bahasa dan platform pengembangan aplikasi paling populer di dunia saat ini.

Dan dengan pustaka yang sangat besar, kadang kala kita agak kesulitan mengejar keterampilan pemograman Java ini.

Bagian berikut berisi tips atau resep ringkas, perkenalan maupun tutorial lengkap mengenai berbagai topik di Java sehingga pengunjung dapat menarik manfaat sebesar-besarnya pada saat belajar ataupun bekerja dengan bahasa programming yang satu ini.

Untuk Anda yang ingin memulai programming Java secara komprehensif dapat mengunjungi situs TanyaJava.com.

Java Graphics 2D

  • Penggunaan BasicStroke pada Java2D PendahuluanStroke adalah objek pada Java2D yang berfungsi sebagai "mata pensil / pena" yang digunakan untuk menggambar. Stroke memiliki berbagai macam style / bentuk yang dapat kita pilih sehingga menentukan komposisi garis ...
    Posted Dec 31, 2011, 4:16 AM by Editor KursusInternet
  • Menggabungkan Bentuk dengan Area Pendahuluan Dari artikel-artikel sebelumnya dari bagian Graphics2D ini, kita telah banyak diberi contoh penggambaran bentuk / shape secara individual. Namun, dalam prakteknya kita lebih berkepentingan membuat bentuk yang lebih kompleks ...
    Posted Oct 4, 2011, 9:46 AM by Editor KursusInternet
  • Output SVG dengan Graphics2D + Apache Batik Pendahuluan SVG (Scalable Vector Graphics) adalah standar XML untuk gambar grafik vektor, yaitu format file gambar yang dapat diperbesar dan diperkecil tanpa mengurangi kualitas gambar karena digambar ulang dengan teknik ...
    Posted Oct 22, 2011, 11:44 PM by Editor KursusInternet
  • Merubah Ukuran Objek Image / Gambar Pendahuluan Pada artikel sebelumnya, kita sudah mengetahui bagaimana membaca file gambar dan menggabungkan pada hasil render gambar kita. Method drawImage() pada class Graphics memiliki parameter tambahan untuk menggambar dengan ukuran ...
    Posted Sep 18, 2011, 6:30 PM by Editor KursusInternet
  • Menulis Teks Pada Graphics Pendahuluan Untuk menulis teks pada objek Graphics maupun Graphics2D, kita gunakan method drawString(). Namun untuk penggunaan lebih lanjut tentunya kita harus mampu memilih font dengan ukuran yang sesuai.Potongan berikut ...
    Posted Dec 6, 2011, 10:39 AM by Editor KursusInternet
  • Membaca dan Menggabungkan File Gambar Pendahuluan Untuk menggabungkan file gambar ke dalam objek Graphics dan Graphics2D cukup gampang, yaitu dengan menggunakan objek dari  BufferedImage untuk membaca file gambar dan kemudian menggambarkan menggunakan method drawImage. Contoh ...
    Posted Sep 18, 2011, 6:22 PM by Editor KursusInternet
  • Mendapatkan Warna dari Nilai Hex RGB Pendahuluan Buat kita yang terbiasa mendapatkan warna dengan kombinasi nilai RGB dalam bentuk Hex seperti yang digunakan pada CSS (Cascading Style Sheet), maka Java menyediakan method yang mengembalikan objek warna ...
    Posted Sep 9, 2011, 9:07 PM by Editor KursusInternet
  • Memberi Warna Latar Pada File Gambar Pendahuluan Ketika kita menghasilkan file gambar seperti PNG, maka latar belakang biasanya berwarna gelap seperti terlihat pada screenshot pada artikel Menghasilkan File Gambar / Image. Trik untuk memberikan warna pada gambar ...
    Posted Sep 9, 2011, 9:54 PM by Editor KursusInternet
Showing posts 1 - 8 of 19. View more »

Daftar Isi