Java Programming‎ > ‎

Design Pattern pada Java

Jika Anda belajar silat, tentunya dasar-dasar kekuatan dan olah tubuh seperti splitting, kuda-kuda, gengggaman, pukulan, tendangan, loncatan, dan sebagainya harus dikuasai dengan baik.

Namun setelah kemampuan dasar tersebut diperoleh, kita tentunya harus melangkah lebih jauh dengan penguasaan berbagai jurus yang bisa menentukan kompetensi kita di lapangan secara signifikan. Dalam berbagai cerita yang pernah kita, sering pesilat-pesilat tangguh menyimpan berbagai jurus rahasia yang hanya diwariskan kepada muridnya yang terbaik dan dipercaya penuh.

Pada dunia programming, hal demikian berlaku juga. Ketika kita telah menguasai pemograman dasar seperti OOP, I/O, akses database,  dan lain-lain, kita tentunya memiliki teknik atau pola pemograman yang bisa diterapkan dengan cepat ketika kita menghadapi kasus tertentu yang berulang. 

Teknik atau pola pemograman kita akan semakin baik dengan bertambahnya pengalaman mengatasi permasalahan. Tiap pola tersebut bisa kita kumpulkan sebagai best practice yang siap diterapkan, atau dikenal sebagai design pattern.

Dengan demikian, Design Pattern atau pola perancangan adalah pola / teknik yang telah terujui sebagai best practice pada saat melakukan coding untuk kasus tertentu. 

Dengan adanya design pattern yang terdokumentasi, kita sebagai programmer dan perancang sistem akan sangat terbantu dalam mengakuisi pengalaman yang sangat berharga sehingga kualitas aplikasi atau sistem yang kita hasilkan semakin baik.

Bagian berikut akan memberikan contoh dan penjelasan singkat berbagai design pattern yang terkenal. Semoga bermanfaat !